Site icon www.panggungpolitik.com

Eijkman Dilebur ke BRIN, Anggota DPR: Peneliti Jangan Ikut Campur Kepentingan Politik

Alifudin, Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PKS. khawatir dengan intervensi pemerintah di Lembaga Ekman melalui Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan berdampak pada penanggulangan Covid-19 Vaksin merah putih.

Pasalnya, di awal pandemi Covid-19, Eijkman menjadi salah satu instansi yang memikul supaya di laksanakannya tes imbauan negatif palsu di Litbangkes.

Alifudin kepada wartawan, Selasa (4/1/2021): “Dengan masuknya BRIN, LBM Eijkman khawatir akan mudah diintervensi melalui kepentingan politik di masa depan, karena pada dasarnya peneliti atau ilmuwan harus tetap memiliki derajat kritis yang tinggi. kekuatan.”

Alifudin mengatakan, bahwa nalar kritis peneliti diintervensi, akan menjadi keliru dalam mendapatkan hasil penelitian yang mutakhir, khususnya untuk kasus Covid-19 yang sampai sekarang belum tuntas.

“Harapannya BRIN yang digabung dan instansi terkait tidak hanya dikaitkan dengan kepentingan politik atau intervensi, kita semua berharap dan harus bahu-membahu mengatasi Covid 19,” pungkas Alifudin.

Exit mobile version