Site icon www.panggungpolitik.com

Konsep Pokok Politik yang Mendasari Pengertian Ilmu Politik

Konsep-konsep Pokok Politik yang Mendasari Pengertian Ilmu Politik

Gambar ilustasi Politik | Sumber : istimewa

PanggungPolitik.com – Konsep-konsep dasar pokok politik meliputi beberapa hal antara lain negara, kekuasaan, pengambilan keputusan, kebijakan umum serta pembagian dan alokasi .

Konsep dasar pokok politik tersebut memiliki keterkaitan serta ketersambungan satu dengan lainnya dalam sebuah sistem politik serta sistem pemerintahan.

Lalu apa saja pengertian dari 5 konsep dasar ilmu politik tersebut, selengkapnya simak penjelasan dari Redaksi PanggungPolitik.com berikut ini:

Baca Juga : Inilah Cara Mencoblos Pemilu 2024 yang Benar

1.  Negara

Negara adalah suatu organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan yang ditaati oleh rakyatnya.

Tokoh-tokoh yang menekankan negara bagian dari politik (politics) :

Baca Juga : Apa Itu Polarisasi Politik?

2. Kekuasaan

Kekuasaan merupakan “kemampuan seseorang atau suatu kelompok untuk mempengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginan dari pelaku”.

Tokoh-tokoh yang melihat kekuasaan sbagai inti dari politik, baranggapan bahwa politik adalah semua kegianan yang menyangkut masalah merebut dan mempertahankan kekuasaan.

Biasanya dianggap bahwa perjuangan kekuasaan (power struggle) ini mempunyai tujuan yang menyangkut kepentingan seluruh masyarakat. Contoh (serikat buruh, organisasi keagamaan, organisasi kemahasiswaan dan kaum militer dll)

Baca Juga : Difabel Diajari Pakai Braille untuk Nyoblos di Pemilu 2024 di Blitar

3. Pengambilan Keputusan

Keputusan (decision) membuat pilihan diantara berbagai alternatif, sedangkan istiah pengambilan keputusan (decisionmaking) merujuk pada proses yang terjadi sampai keputusan itu tercapai.

Pengambilan keputusan sebagai konsep pokok dari politik menyangkut keputusan-keputusan yang diambil secara kolektif dan yang mengikat seluruh masyarakat.

Baca Juga :  KPU: Nomor Urut Partai Politik Pemilu 2024 Tidak Diubah 

4. Kebijakan Umum

Kebijkasanaan umum adalah suatu kumpulan keputusan yang diambil oleh seorang pelaku atau oleh kelompok politik dalam usaha memilih tujuan-tujuan itu.

Pada prinsipnya pihak yang membuat kebijkasanaankebijaksanaan itu mempunyai kekuasaan untuk melaksanakannya.

Baca Juga : Kebijakan politik luar negeri di Indonesia

5. Pembagian dan Alokasi

Yang dimaksud pembagian dan alokasi ialah pembagian dan penjatahan nilai-nilai dalam masyarakat. Dalam ilmu sosial nilai adalah sesuatu yang dianggap baik atau benar, sesuatu yang ingin dimilikimanusia.

Nilai ini dapat bersifat abstrak seperti penilaian atau azas seperti kejuuran, kebebasan berpendapat, kebebasan mimbar dll. Nilai juga bersifat kongkrit (material) seperti rumah, kekayaan dll.

Berikut penjelasan dari konsep dasar ilmu politik semoga membantu, jika ada yang kurang bisa kita diskusi dengan cara komen di kolom komentar ya.

Baca Juga : Apa yang dimaksud Politik Identitas ?

Dapatkan informasi terupdate berita edukasi Politik setiap hari dari PanggungPolitik.com. Untuk kerjasama lainya bisa kontak email atau sosial media kami lainya.

Exit mobile version