Site icon www.panggungpolitik.com

Wacana Ganjar Pranowo Duet dengan Anies Baswedan di Pilpres 2024, Ini Respon Keduanya

Ganjar Pranowo dan Aniews Baswedan

Ganjar Pranowo dan Aniews Baswedan

Panggung Politik – Wacana duet Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 menggema belakangan ini. Dorongan ini berangkat dari pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDI-P) Said Abdullah yang berharap dua bakal calon presiden (bacapres) itu bisa bersatu.

Disisi lain, dorongan supaya Ganjar dan Anies berduet dinilai sebagai siasat untuk melawan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang belakangan santer bakal meminang Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangannya di Pilpres 2024.

Respon Ganjar dan Anies

Ganjar mengaku tak keberatan dengan wacana berduet dengan Anies. Menurutnya, wacana untuk menjodohkannya dengan Anies merupakan hal wajar. “Siapa yang mewacanakan? Wacana itu kan ide yang dilempar. Kalau ide kan bebas, namanya demokrasi,” kata Ganjar dikutip dari Ayojakarta, Kamis (24/8/2023).

Ganjar juga mengaku tak mempermasalahkan atas wacana itu. Meski begitu, perlu ada dialog lebih lanjut. “Sah, enggak apa-apa. Dan kita mesti berdialog dengan siapa saja biar adem. Biar dingin semuanya,” paparnya.

Bakal Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan akhirnya muncul dan buka suara soal wacana duet dengan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

“Orang partai, pimpinan partai, anggota partai kalau partainya bukan bagian dari koalisi bagaimana mungkin bisa dibahas namanya. Menjadi bagian dari koalisi dulu, baru ada pembahasan nama,” kata Anies di Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu lalu seperti dikutip dari CNBC, Jumat (25/8/2023).

Anies menjelaskan saat ini koalisi 3 partai pendukungnya yaitu Demokrat, Nasdem, dan PKS masih solid untuk bertarung di Pilpres 2024. Menurut Anies, apabila nantinya ada partai lain yang ingin bergabung maka akan dibahas dulu di internal koalisi.

Siasat taklukan Prabowo

Wacana duet Ganjar dan Anies dinilai sebagai siasat untuk menaklukan Prabowo Subianto yang belakangan santer akan meminang Gibran Rakabuming Raka.

Jika Ganjar dan Anies bersatu maka bisa menjadi satu kekuatan yang besar. Seperti diketauhi, Ganjar adalah sosok bakal calon presiden (bacapres) yang diusung PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura sedangkan Anies didukung 3 partai yaitu Demokrat, Nasdem, dan PKS.

Apabila wacana ini benar-benar menjadi nyata, maka akan menjadi pesaing serius bagi Bacapres Prabowo Subianto yang didukung partai-partai besar seperti Gerindra, PKB, PAN, dan Partai Golkar.

Terlebih, dalam Pilpres 2024, Presiden Joko Widodo juga disebut lebih condong ke Prabowo ketimbang Ganjar.

“Tapi jangan-jangan memang apa yang disampaikan Pak Said Abdullah ini sebagai pesan politik juga ke Istana yang kelihatannya lebih condong ke Prabowo Subianto dan ingin memasangkan dengan Gibran,” ujar Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno dalam program Kompas Petang di Kompas TV, Kamis (24/8/2023).

Baca Juga : Berapakah Elektabilitas Anies di Jakarta Jika Dibandingkan Calon Lainnya?

Dapatkan informasi terupdate berita terkini setiap hari dari portal kami. Untuk kerjasama lainya bisa kontak email atau sosial media.

Exit mobile version