Site icon www.panggungpolitik.com

Prabowo Ingin Cegah Stunting dengan Makan Gratis, Ganjar Tak Setuju: Bapak Terlambat

 

Panggungpolitik.com– Kasus anak stunting memang menjadi salah satu permasalahan di Indonesia yang kini masih perlu mendapat perhatian khusus.

Prabowo Subianto, Capres Nomor Urut 2 memandang permasalahan itu dapat diatasi dengan pemberian makanan gratis penuh gizi kepada anak-anak di seluruh Indonesia agar terhindar dari stunting.

Hal itu Parbowo Subianto ungkapkan ketika menanyakan pendapat Ganjar Pranowo, Capres Nomor Urut 3 dalam debat Capres 2024, Minggu (04/02/2024).

“Pak Ganjar kita mengetahui masalah yang sangat penting dihadapi bangsa kita, bahwa banyak sekali anak-anak kita yang kurang gizi, stunting. Saya ingin bertanya apakah bapak setuju dengan gagasan saya untuk memberi makan bergizi untuk seluruh anak-anak Indonesia untuk mengatasi masalah stunting dan menghilangkan kemiskinan ekstrim dan juga mengurangi angka kematian ibu-ibu pada saat melahirkan?” tanya Prabowo kepada Ganjar.

Mendengar pertanyaan itu, bantahan tegas langsung diberikan oleh Ganjar ketika menanggapi pasangan Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024 ini.

Bahkan mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengatakan, solusi yang diberikan Prabowo sudah terlambat bila akan direalisasikan saat menjadi Presiden nantinya.

“Kalau ngasih makannya kepada anak-anak untuk mencegah stunting, saya sama sekali tidak setuju karena bapak terlambat, pak,” tegasnya.

Ganjar juga sempat menjelaskan soal bagaimana cara yang efektif untuk menangani permasalahan stunting.

Bukan setalah anak-anak lahir, ia mengatakan masalah stunting harusnya dicegah saat masa kehamilan.

“Stunting itu ditangani sejak bayi dalam kandungan ibunya yang dikasih gizi. Ibunya yang dikasih gizi, kalau kemudian gizinya baik, cek rutin, maka akan ketahuan bahwa dia ibunya sehat, anaknya pertumbuhannya dilihat,” papar dia.

Bukan hanya kepada anak, namun dikatakan Ganjar, pemberian gizi yang baik seharusnya juga diberikan kepada ibu di masa kehamilan.

“Kalau bapak ngasih gizi kepada ibu hamil itu baru setuju saya. Nanti dia akan lahir ibunya selamat karena diperiksa,” ungkapnya lagi.

Selain di masa kehamilan, masalah stunting menurut pasangan Mahfud MD dalam Pilpres 2024 itu juga dapat dicegah sebelum pernikahan.

Oleh karena itu, ia mewanti-wanti agar tak terjadi pernikahan dini agar bisa mencegah permasalahan stunting di Indonesia.

“Maka jangan menikah dini, baru hamil periksa rutin, kasih gizi, insyallah pak itu akan melahirkan bayi-bayi yang sehat, kuat dan kalau itu kurang gizi baru bapak benar, kasih gizi yang baik agar anak-anak tidak kurang gizi dan tumbuh cerdas,” tegas Ganjar.

 

Exit mobile version