Site icon www.panggungpolitik.com

#SambutRamadhan1445H Kapan Jadwal Awal Puasa dari Kemenag dan NU?

Jadwal puasa menurut NU dan Pemerintah

Jadwal puasa menurut NU dan Pemerintah

PanggungPolitik.com – #SambutRamadhan1445H, informasi tentang kapan jadwal awal puasa dari Kemenag dan NU pun kini tengah dicari para umat muslim.

Informasi tentang kapan jadwal awal puasa dari Kemenag dan NU ini memang membuat publik bertanya-tanya jelang #SambutRamadhan1445H, sebab seringkali ada perbedaan jadwal puasa dari dua lembaga tersebut.

Lantas, kapan jadwal awal puasa yang ditetapkan Kemenag dan NU untuk umat muslim di Indonesia?

Untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak penjelasan lengkapnya yang akan dibahas secara detail berikut ini:

1. Jadwal Puasa Versi Pemerintah

Jadwal puasa versi pemerintah memang belum diumumkan secara resmi saat ini. Pasalnya jadwal puasa menurut pemerintah nantinya akan ditetapkan dalam gelaran sidang isbat, yang dijadwalkan akan digelar pada 10 Maret 2024.

Adapun sidang Isbat digelar di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat. Dimana nantinya sidang isbat juga akan digelar secara hybrid, daring dan luring.

Meski sidang isbat untuk menentukan awal puasa Ramadhan 1445 H belum dilakukan, umat Islam di Indonesia dapat menggunakan prediksi berdasarkan kalender Hijriah 2024 yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) sebagai acuan sementara.

Setelah sidang isbat dilakukan dan hasilnya diumumkan, maka itulah yang menjadi acuan resmi bagi umat Islam di Indonesia untuk menentukan awal puasa Ramadhan 1445 H.

2. Jadwal Puasa Versi Muhammadiyah

Lantas, kapan jadwal puasa menurut versi Muhammadiyah? Sebagai salah satu ormas Islam di Indonesia, terdapat metode yang berbeda dari Muhammadiyah dalam menentukan jadwal untuk #SambutRamadhan1445H.

Berbeda dengan pemerintah, Muhammadiyah nantinya akan menentukan awal puasa 2024 dengan mengacu pada metode hisab hakiki wujudul hilal, yaitu penentuan awal bulan kamariah yang mengacu pada peredaran bulan dan bumi yang sebenarnya

Muhammadiyah sendiri sudah menetapkan awal Ramadhan 2024 akan jatuh pada Senin, 11 Maret 2024.

Tanggal itu ditetapkan karena melihat berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Itulah informasi seputar kapan jadwal puasa menurut NU dan Pemerintah yang perlu diketahui umat Muslim di tanah air dalam rangka #SambutRamadhan1445H.

Exit mobile version