Site icon www.panggungpolitik.com

Merayakan Kehangatan #TahunBaruIslam1446H: Tips Menyambut dengan Sukacita!

#TahunBaruIslam1446H

#TahunBaruIslam1446H

Jakarta – Memasuki awal Hijriyah 1446, umat Muslim di seluruh dunia bersiap menyambut #TahunBaruIslam1446H dengan penuh kehangatan dan sukacita.

Bagi banyak orang, Tahun Baru Islam bukan hanya pergantian tahun namun juga momentum untuk refleksi dan pembaruan spiritual. Sebagai perayaan yang sarat makna, mari kita lihat bagaimana kita dapat meningkatkan kualitas ibadah dan sosial kita di tahun yang baru ini.

Sejarah Tahun Baru Islam dimulai ketika Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah. Hijrah ini tidak hanya menjadi tonggak penting dalam sejarah Islam, tapi juga menandai permulaan penanggalan Hijriyah. Arti 1 Muharram pun bukan sekadar awal dari hitungan tahun, namun simbolisasi akhlak dan tawakal yang harus diinternalisasi dalam kehidupan sehari-hari.

Sejumlah amalan di Muharram bisa dilaksanakan untuk meneguhkan komitmen spiritual kita. Di antaranya adalah dengan puasa, khususnya pada Hari Asyura, yang jatuh pada tanggal 10 Muharram. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Puasa pada hari ‘Asyura’, aku berharap kepada Allah untuk menghapus dosa-dosa tahun sebelumnya.”

Tradisi Tahun Baru Islam beragam di berbagai negara. Di Indonesia, misalnya, banyak umat Islam mengadakan doa bersama, ziarah kubur, hingga santunan kepada yang membutuhkan. Ini tidak hanya mencerminkan rasa syukur tapi juga solidaritas sosial yang kuat antar umat beriman.

Penanggalan Hijriyah, yang dimulai sejak 622 Masehi ini, kini mencapai tahun 1446. Berbeda dengan kalender Masehi, Hijriyah menggunakan siklus lunar (bulan) sehingga tahunnya lebih pendek 10-12 hari dari tahun Masehi. Oleh karena itu, tanggal 1 Muharram pun bergeser setiap tahunnya terhadap kalender Masehi.

Memasuki Tahun Baru Islam, tidak sedikit umat Muslim yang saling bertukar ucapan. Walaupun tidak ada teks baku, “Semoga di tahun yang baru ini kita menjadi lebih baik lagi” sering didengar sebagai ucapan Tahun Baru Islam. Selain itu, postingan dengan hashtag #TahunBaruIslam1446H kerap memenuhi media sosial sebagai bentuk ekspresi kegembiraan dan harapan. Perayaan

#TahunBaruIslam1446H adalah momentum untuk introspeksi, meningkatkan kualitas ibadah dan tali persaudaraan. Memanfaatkan momen ini, marilah kita menyambut Tahun Baru Hijriyah dengan hati yang bersih, tindakan yang positif, dan semangat untuk senantiasa berbagi kebaikan. Selamat Tahun Baru Islam, semoga Hijriyah 1446 membawa barakah dan kebahagiaan untuk kita semua.

 

Exit mobile version