Site icon www.panggungpolitik.com

Anies Baswedan Kantongi Dukungan PKS dan NasDem untuk Pilkada Jakarta 2024

Anies Baswedan

Anies Baswedan

PanggungPolitik – Anies Baswedan pada akhirnya secara resmi telah mengantongi dukungan dari partai politik untuk maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Setelah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang lebih dulu mendukungnya, kini giliran Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang resmi mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur untuk periode 2024-2029.

Keputusan Nasdem untuk mendukung Anies Baswedan diambil setelah rapat yang berlangsung di Nasdem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, pada Senin (22/7/2024).

Dalam rapat tersebut, Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh, memimpin langsung diskusi dan penetapan dukungan terhadap Manten Mendikbud itu.

Anies juga ikut hadir dalam konferensi pers yang digelar usai rapat untuk mengumumkan keputusan ini.

“Pak Surya Paloh secara langsung memimpin rapat dan menetapkan Bapak Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta dari Partai Nasdem,” ujar Hermawi Taslim, Sekretaris Jenderal Partai Nasdem.

Selain itu, Nasdem memberikan kebebasan kepada mantan Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 ini untuk memilih calon wakilnya, dengan syarat tidak boleh berasal dari kader Nasdem.

“Pak Anies bebas menentukan siapa wakilnya, namun dengan catatan wakil tersebut tidak boleh dari Partai Nasdem,” tambah Taslim.

Dukungan Nasdem terhadap Anies diberikan tanpa syarat tambahan, dan partai tersebut juga berkomitmen untuk terus berkomunikasi dengan partai politik lain untuk mendukungnya.

Sebelumnya, PKS telah mendeklarasikan dukungan mereka kepada mantan Gubernur DKI Jakarta itu, dengan memasangkan Anies bersama kader mereka, Sohibul Iman.

“Ya, benar, kami mengusulkan Anies,” kata Ketua DPW PKS DKI Jakarta, Khoirudin, pada Jumat (24/5/2024). PKS memilih Anies karena menilai ia memiliki sejumlah prestasi selama memimpin Jakarta pada periode 2017-2022.

“Alasan utama kami mengusulkan Anies adalah rekam jejaknya yang penuh prestasi dan penghargaan, baik di tingkat nasional maupun internasional,” lanjut Khoirudin, meskipun ia tidak merinci penghargaan apa saja yang telah diraih Anies.

Dengan dukungan dari Nasdem dan PKS, Anies Baswedan kini memiliki tiket kuat untuk bersaing dalam Pilkada Jakarta 2024.

Ini menunjukkan koalisi yang semakin solid di belakang mantan gubernur tersebut dalam menghadapi kontestasi politik mendatang.

Baca Juga: Thomas Djiwandono Resmi Dilantik Sebagai Wakil Menteri Keuangan II oleh Presiden Jokowi

Exit mobile version