Site icon www.panggungpolitik.com

Susunan Kabinet Prabowo di Spill Luhut Bakal Diumumkan 21 Oktober 2024?

Prabowo Subianto

Prabowo Subianto

PanggungPolitik – Calon Presiden terpilih Pilpres 2024, Prabowo Subianto, berencana untuk segera mengumumkan susunan kabinetnya pada 21 Oktober 2024, sehari setelah pelantikannya sebagai Presiden RI periode 2024-2029.

Informasi ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, usai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (5/8).

Menurut Luhut, Prabowo mengungkapkan rencana tersebut kepadanya saat rapat terbatas yang juga dihadiri oleh Presiden Jokowi.

Presiden RI yang akan memimpin Indonesia periode 2024-2029 itu menyatakan akan melantik kabinet pada 21 Oktober, dengan rapat kabinet pertama dijadwalkan pada 23 Oktober.

“Kemarin dia bilang, Bang, aku dilantik pada tanggal 20 Oktober, pada tanggal 21 Oktober aku umumkan kabinet, itu aku lantik, terus sidang kabinet pada tanggal 23 Oktober,” kata Luhut saat acara peluncuran buku di Wisma Elang Laut, Jakarta, menirukan pernyataan Prabowo dikutip dari Antara, Selasa (06/08).

Luhut meyakini Prabowo akan segera bekerja untuk merealisasikan program-program kerjanya, termasuk menangani berbagai persoalan yang tengah dihadapi.

Salah satu masalah utama yang akan ditangani adalah terkait dengan database perkebunan sawit dan audit.

“Negeri kita ini sangat kaya, dan saya senang sekali calon presiden terpilih memahami itu serta memiliki keinginan untuk menyelesaikan masalah dengan cepat,” ujarnya memaparkan.

Optimisme Luhut juga tercermin dalam pandangannya mengenai transisi pemerintahan dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin ke pemerintahan baru Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Presiden Jokowi telah menginstruksikan kepada jajarannya untuk membantu kelancaran transisi ini agar pemerintahan baru tidak harus memulai dari awal.

“Budaya ini harus terus kita bawa ke depan sehingga pemerintahan berikutnya tidak mulai dari nol,” tambahnya.

Lebih lanjut, Luhut menyatakan bahwa komunikasi antara menteri-menteri di kabinet Jokowi dan tim transisi Prabowo berjalan dengan baik.

“Semuanya di-share. Tujuannya apa? Untuk kebaikan Republik. Jadi, dengan begitu dia bisa cepat,” pungkas Luhut.

KPU RI menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih pada 24 April 2024.

Keduanya dijadwalkan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 pada 20 Oktober 2024.

Baca Juga: Jokowi Dorong Penyusunan RAPBN 2025 untuk Akomodasi Program Prabowo dan Gibran

Exit mobile version