Site icon www.panggungpolitik.com

Guntur Sasono dan Annisa Mahesa Terpilih Sebagai Pimpinan Sementara DPR RI Periode 2024-2029

Guntur Sasono - Annisa Mahesa

Guntur Sasono - Annisa Mahesa

PanggungPolitik – Perhelatan politik nasional Indonesia memasuki babak baru dengan pengumuman resmi dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI, Indra Iskandar, mengenai penetapan pimpinan sementara DPR RI untuk periode 2024-2029.

Pengumuman yang dilakukan di kompleks Gedung DPR-MPR, Jakarta, pada Selasa (01/10) menyatakan Guntur Sasono dari Partai Demokrat dan Annisa Mahesa dari Partai Gerindra sebagai pemimpin sementara yang akan memandu Sidang Paripurna DPR RI.

“Pimpinan sementara DPR RI adalah sebagai berikut: satu, ketua sementara adalah saudara Guntur Sasono, Partai Demokrat, Daerah Pemilihan Jawa Timur VIII; dua, wakil ketua sementara saudari Annisa Mahesa, Partai Gerindra, Daerah Pemilihan Banten II,” ujar Indra Iskandar saat mengumumkan seperti dikutip dari Antara, Selasa (01/10).

Sesuai dengan mekanisme yang tertuang dalam Pasal 84 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2019 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014, pemilihan pimpinan sementara DPR RI dibuat berdasarkan anggota tertua dan termuda dari fraksi yang berbeda.

Penetapan ini adalah langkah awal untuk mempersiapkan prosesi pelantikan anggota-anggota DPR/DPD/MPR periode 2024-2029 yang akan dilakukan pada hari yang sama.

“Sementara pimpinan DPR sebagaimana dimaksud pada ayat (1) belum terbentuk, Sidang DPR pertama kali untuk menetapkan pimpinan DPR dipimpin oleh pimpinan sementara DPR,” terang Sekjen Indra Iskandar mengutip regulasi yang berlaku.

Pengumuman ini berdasarkan keputusan KPU RI Nomor 1412 Tahun 2024 mengenai penetapan anggota tertua dan termuda hasil Pemilu 2024. Zulfikar Achmad dari Partai Demokrat secara usia adalah yang tertua dan seharusnya menduduki posisi pimpinan sementara tetapi telah menyatakan penyerahan tanggung jawab ini.

“Berdasarkan surat pernyataan penyerahan pimpinan sementara DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat tertanggal 25 September 2024 disebutkan bahwa penyerahan tugas sebagaimana pimpinan sementara DPR RI diberikan kepada anggota DPR RI terpilih dengan usia tertua diserahkan kepada Guntur Sasono,” ungkap Indra Iskandar.

Guntur Sasono, politikus senior Partai Demokrat, berusia 78 tahun, dan di sisi lain, Annisa Mahesa, politikus muda dari Partai Gerindra, berusia 23 tahun, menggambarkan dinamika antara pengalaman dan kebaruan di panggung politik Indonesia.

Pelantikan 580 anggota terpilih DPR RI dan 152 anggota DPD RI akan mengikuti upacara pengucapan Sumpah/Janji Anggota Parlemen, menandai sebuah perubahan signifikan dalam komposisi legislatif negara.

Juga dicatat penambahan jumlah anggota DPR RI dari 575 menjadi 580 serta anggota DPD RI dari 136 menjadi 152 setelah pemekaran provinsi di Papua. Di sisi lain, partai politik yang akan mengisi kursi di DPR RI mengalami penurunan dari sembilan menjadi delapan partai politik.

Anggota DPR RI dan DPD RI yang terpilih ini diharapkan dapat memenuhi janji mereka dalam upaya memajukan Indonesia dan mewujudkan aspirasi rakyat, dengan pimpinan sementara DPR RI Guntur Sasono dan Annisa Mahesa sebagai pengawal jalannya proses pelantikan dan sidang-sidang awal.

Baca Juga: Daftar Selebriti yang Ikut Dilantik sebagai Anggota DPR RI 2024-2029 Hari Ini

Exit mobile version