Site icon www.panggungpolitik.com

Sidang Kabinet Paripurna Digelar Perdana Prabowo Hari Ini

sidang paripurna kabinet perdana di gelar hari ini

sidang paripurna kabinet perdana di gelar hari ini

PanggungPolitik – Presiden RI Prabowo Subianto hari ini diketahui siap memimpin Sidang Kabinet Paripurna perdana di Istana Kepresidenan Jakarta.

Sidang kabinet Paripurna yang digelar untuk pertama kalinya ini, tentu  menjadi momen penting setelah pelantikan Kabinet Merah Putih yang terdiri dari para menteri dan pejabat tinggi negara.

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Hasan Nasbi, juga sudah membenarkan adanya undangan untuk rapat kabinet tersebut.

“Betul hari ini ada undangan dari Seskab untuk mengikuti rapat kabinet,” ujar Hasan Nasbi seperti dikutip pada Rabu (23/10/2024).

Namun, Hasan belum dapat memberikan hal detail mengenai agenda atau isu-isu apa saja yang akan dibahas dalam sidang kabinet perdana ini.

Ia menambahkan bahwa arahan dari Presiden yang baru saja dilantik pada 20 Oktober 2024 kemarin itu,  baru akan diketahui setelah rapat berlangsung.

“Arahan dari presiden baru bisa kita ketahui setelah nanti rapat berlangsung,” ujarnya lebih lanjut.

Sidang kabinet paripurna biasanya menjadi forum bagi Presiden untuk menyampaikan pandangan strategis dan arah kebijakan pemerintah kepada seluruh anggota kabinet.

Sebelumnya, Prabowo telah melantik para pejabat utama yang terdiri dari menteri, utusan khusus, penasihat khusus presiden, staf khusus presiden, serta kepala-kepala badan.

Pelantikan ini menandai dimulainya Kabinet Merah Putih yang diproyeksikan untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan pembangunan nasional.

Budiman Sudjatmiko, Kepala Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan, mengonfirmasi kehadirannya dalam Sidang Kabinet Paripurna ini.

“Ya, saya akan datang sore ini ke Sidang Kabinet Paripurna Kabinet Merah Putih. Tema Sidang Kabinet Paripurna adalah ‘Arahan Presiden: Bersama Indonesia Maju, Menuju Indonesia Emas 2045’,” ungkap Budiman.

Budiman juga menjelaskan bahwa sidang ini akan dihadiri oleh para pejabat tinggi negara, termasuk Wakil Presiden, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, Kepala BIN, Kepala Staf Presiden (KSP), Ketua Dewan Ekonomi Nasional, Kepala BPKP, Kepala Badan Gizi Nasional, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan.

Selain itu, sejumlah pejabat strategis lain seperti Kepala Badan Pengelola Investasi Danantara dan Wakil Seskab juga dijadwalkan hadir.

Sidang kabinet ini diharapkan menjadi momen krusial bagi pemerintahan baru dalam merumuskan kebijakan jangka panjang.

Baca Juga: Prabowo Lantik Penasihat Khusus hingga Stafsus Hari ini: Raffi Ahmad-Yovie Widianto Masuk Daftar

Exit mobile version